FEB UMSU I Program Studi Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) menggelar kuliah umum Prinsip – prinsip Ilmu Ekonomi yang dihadiri oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Assoc. Prof. Dr. Ade Gunawan, S.E., M.Si, Dra. Roswita Hafni, M.Si sebagai Sekretaris Program Studi Ekonomi Pembangunan dan beserta dosen – dosen FEB UMSU, Jum’at (28/10/22).
Kuliah umum tersebut berlangsung di Aula FEB UMSU dan dipandu oleh Eri Yanti S.E.,M.Ec sebagai moderator, kemudian dibuka oleh Assoc. Prof. Dr. Ade Gunawan, S.E., M.Si untuk memberikan kata sambutan dan Prof. Sadono Sukirno (Profesor University Of Malaya, Malaysia) sebagai narasumber pada acara tersebut.
Kegiatan yang dihadiri oleh kurang lebih 30 mahasiswa Ekonomi Pembangunan FEB UMSU ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para mahasiswa dan menambah wawasan baru mengenai prinsip-prinsip ekonomi yang disuguhkan oleh pemateri yang berskala internasional.
Pada kegiatan ini Prof. Sadono Sukirno memberikan materi mengenai prinsip – prinsip ekonomi yang dimana prinsip ekonomi digunakan dalam tiga cara yang berbeda, yaitu produksi, distribusi dan konsumsi. Prinsip-prinsip ekonomi digunakan sebagai pedoman dalam meminimalkan risiko kerugian dan mencapai perbandingan yang rasional dengan tujuan utama mendapatkan keuntungan yang maksimal dan kerugian yang minimal.
Kemudian salah satu materi yang dibawahkan pada kuliah umum ini Prof. Sadono Sukirno menjelaskan soal prinsip dasar ekonomi dan menjelaskan soal 4 pasar yang sedang ada di dunia, yaitu Pasar Monopoli, Oligopoli, Persaingan monopolistik dan Pasar Persaingan Sempurna.
“Pada dasarnya ilmu ekonomi dan perniagaan selalu berkaitan dengan pasar yang ada. Kemudian perlu diketahui bahwa ada 4 pasar yang ada di dunia dan perannya terus berkembang mengikuti perkembangan zaman, yaitu Pasar Monopoli, Oligopoli, Persaingan monopolistik dan Pasar Persaingan Sempurna.” Jelas singkat Prof. Sadono
Prof. Sadono kemudian juga menjelaskan bahwa produsen harus mempelajari kondisi konsumen yang ada. Karena memiliki terkaitan yang erat.
“Para produsen yang ada di pasar harus mengerti dan mempelajari prilaku konsumen yang ada. Menyesuaikan dengan pasar yang ada saat ini, karena hal itu saling berkaitan jika ingin mendapatkan keuntungan. Produsen juga harus bisa bekerja secara efesien dan efektif.” Kata Prof. Sadono.